Pelayanan di BKPM Pekalongan

Poli Baru : melayani pasien baru
Poli Non TB : melayani pasien Non TB
Poli Suspek TB : melayani pasien disangka TB
Poli TB : melayani pasien yang sudah didiagnosa TB
Unit Gawat Paru (UGP)
Ruang Obat
Loket pendaftaran, dengan sistem komputerisasi
Rekam Medik
Kasir
Pemeriksaan penunjang:
1. Laboratorium - Mikrobiologi: pemeriksaan sputum BTA
- Darah Rutin
- Kimia darah
2. Radiologi, pemeriksaan foto rontgen dada
3. Spirometri, mengukur faal paru
4. ECG, mengetahui rekam listrik pada jantung

Fasilitas: Aula, Parkir, Toilet, Musholla, Kantin

Kamis, 04 Maret 2010

Tips Sehat Agar Terhindar Dari Batuk

Untuk menghindari datangnya batuk atau mencegah agar tidak semakin parah dan mempercepat penyembuhannya, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan :
- Konsumsikan makanan yang bergizi dan seimbang untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
- Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok dari orang lain.
- Istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam sehari. Jangan begadang terlalu malam. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.
- Jika mudah alergi, kenali dan hindari hal-hal yang dapat memicunya seperti debu, bulu binatang, asap, dan jangan menggunakan kipas angin. Bersihkan kamar tidur paling tidak tiga kali seminggu. Beberapa jenis batuk disebabkan oleh alergi terhadap debu.
- Perbanyak minum air putih minimal 10 gelas sehari. Minum minuman panas seperti teh jahe atau jeruk panas untuk membantu melegakan tenggorokan. Hirup uap panas dari wadah yang berisi air panas/mendidih
- Hindari makanan yang digoreng/berminyak, manis, pedas, minuman dingin/es, kafein dan alkohol
- Sempatkan olah raga secara rutin minimal 3 kali seminggu selam 30 menit. Olah raga yang dianjurkan adalah yang bersifat aerobic, seperti: jalan kaki, lari, bersepeda, dan renang. Olah raga permainan juga diperbolehkan asalkan sesuai dengan kemampuan.
- Kelola Stress dengan baik. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.
- Kenali batuk anda, apakah berdahak atau kering. Anda dapat membeli obat di apotek sesuai dengan jenis batuk anda. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke dokter

Lakukan tips di atas secara rutin dan berkelanjutan semoga kita akan terhindar dari penyakit akibat perubahan cuaca ini seperti yang sering dialami banyak orang

dr. Ahmad Ismail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar