Pelayanan di BKPM Pekalongan

Poli Baru : melayani pasien baru
Poli Non TB : melayani pasien Non TB
Poli Suspek TB : melayani pasien disangka TB
Poli TB : melayani pasien yang sudah didiagnosa TB
Unit Gawat Paru (UGP)
Ruang Obat
Loket pendaftaran, dengan sistem komputerisasi
Rekam Medik
Kasir
Pemeriksaan penunjang:
1. Laboratorium - Mikrobiologi: pemeriksaan sputum BTA
- Darah Rutin
- Kimia darah
2. Radiologi, pemeriksaan foto rontgen dada
3. Spirometri, mengukur faal paru
4. ECG, mengetahui rekam listrik pada jantung

Fasilitas: Aula, Parkir, Toilet, Musholla, Kantin

Sabtu, 29 Mei 2010

TIPS BERHENTI MEROKOK

Beberapa cara dapat meningkatkan peluang anda untuk berhasil berhenti merokok :

1. Kurangi jumlah batang rokok yang dihisap per hari. Kurangi secara bertahap,
misalnya mengurangi jumlah batang mulai dua batang perhari selama satu minggu. Kemudian mengurangi jumlah batang rokok pada minggu berikutnya.
2. Kurangi kadar nikotin perbatang rokok yang dihisap setiap hari. Setelah mengurangi batang rokok, pada minggu berikutnya usahakan pindah dengan menghisap rokok dengan kadar tar dan nikotin yang lebih rendah.
3. Jauhkanlah atribut rokok. dari rumah dan sekitar anda seperti ; poster, asbak, korek api, punting rokok, bungkus rokok dan lain-lain.
4. Kenali keadaan yang berkaitan dengan kebiasaan merokok misalnya : setelah makan, waktu stress, sibuk bekerja, saat santai dan lain-lain
5. Jauhi tempat dimana banyak perokok. Godaan terbesar untuk merokok lagi adalah ketika pergi ke tempat dimana orang atau teman biasa merokok. Jauhi kira-kira minggu pertama setelah merokok.
6. Gantilah kebiasaan pegang rokok dengan memegang benda lain seperti bolpoint / pensil di jari anda ANDA atau HP untuk mengalihkan perhatian.
7. Catat kemajuan anda. Yang penting dilakukan adalah menetapkan kapan anda akan benar-benar meninggalkan rokok. Sementara itu, catat setiap batang rokok yang anda hisap, dimana dan dalam kondisi apa. Ini akan memudahkan anda mengidentifikasi situasi-situasi yang menyebabkan anda merokok, lalu menentukan perilaku alternatife sebagai pengganti rokok.
8. Giat berolahraga. Untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh, olahraga cara yang paling efektif untuk mengurangi ketergantungan terhadap rokok.
9. Kurangi tidur larut malam. Tidur larut malam biasanya lebih enak sambil merokok, oleh karena itu perlu mengatur waktu lembur supaya tidak terlalu malam.
10. Minum sari jeruk. Bagian yang paling sulit adalah ketika anda harus mengatasi reaksi-reaksi akibat hilangnya asupan nikotin. Ini bisa berlangsung selama satu atau dua pekan, tetapi anda akan lebih mudah mengatasi reaksi-reaksi seperti : mudah tersinggung, cemas, bingung, sulit berkonsentrasi dan sulit tidur akibat penghentian asupan nikotin secara jauh lebih cepat apabila anda banyak meminum sari jeruk selama masa itu. Hal ini karena sari jeruk membuat urin anda lebih asam, jadi lebih cepat mengusir nikotin dari tubuh anda. Selain itu rasa jeruk dalam mulut bisa membuat anda merasa bahwa rokok tidak enak
11. Kuatkan niat untuk berhenti merokok dan tetapkan tanggal kapan anda akan berhenti merokok. Setelah itu berkunjunglah ke dokter (klinik berhenti merokok) untuk meminta jalan keluar dari ketergantungan merokok.
12. Minta orang terdekat untuk mendukung. Kiat ini sangat ampuh karena bagaimanapun orang terdekat adalah bagian dari hidup kita. Jadi, kita tidak ingin orang yang kita sayangi sakit karena rokok. Untuk itu andalah yang bisa menjawabnya.

Sumber: Tinggalkan Rokok Segera, Brosur, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar